fbpx

EnglishIndonesian

12 Ruang Tamu Minimalis Mewah untuk Ide Hunian Anda, Megah dan Berkelas

Selain keindahan eksterior hunian, hal lain yang akan mempengaruhi kesan pertama yang baik dari tamu adalah ruang tamu rumah Anda. Ruangan pertama yang dimasuki tamu ini bisa memberi gambaran akan hunian serta karakter Anda.

Karena itu, konsep desain ruang tamu sebaiknya dipikirkan secara matang. Untuk kesan pertama yang baik dan mengesankan, Anda bisa merancang ruang tamu mewah dalam berbagai gaya. Tidak perlu ornamen atau furnitur super mahal. Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar ruang tamu minimalis mewah impian Anda bisa terwujud. Maka, kali ini akan dibahas:

  1. Monokrom
  2. Pemilihan Sofa yang Tepat
  3. Shabby Chic Style
  4. Mungil Tetap Mewah
  5. Modern Klasik
  6. Konsep Baroque
  7. Wall Art Ukuran Besar
  8. Konsep Jepang
  9. Nuansa Bohemian
  10. Ornamen Keramik
  11. Warna Nyentrik
  12. Lampu Gantung Mewah

1. Ruang Tamu Minimalis Mewah Monokrom

Caption: Konsep minimalis juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu mewah. (Foto: Elle Decor)

Kalau hunian Anda berkonsep minimalis, ruang tamu mewah ini berpadu selaras dengan konsep tersebut. Jika diterapkan dengan baik, konsep minimalis memang bisa memberi nuansa elegan pada ruangan rumah Anda.

Unsur minimalis pada ruang tamu mewah ini dihadirkan dalam warna monokrom abu-abu pada furnitur, cat dinding, hingga tirai. Satu poin plus lainnya yang memberi kesan mewah adalah penggunaan karpet dan meja yang memiliki unsur logam.

2. Pemilihan Sofa yang Tepat

Meski ruangannya didekorasi sederhana, ruang tamu mewah bisa dihadirkan berkat sofa dengan material mewah. (Foto: Modsy Blog)

Jika bujet Anda tergolong terbatas untuk dekorasi ruangan, fokuskan saja pada perabot dengan material yang terbilang mewah. Misalnya, sofa. Anda bisa memilih sofa yang dibalut dengan material velvet atau beledu.

Materialnya yang mengkilap (namun tak mencolok) bisa memberikan perubahan suasana pada ruang tamu Anda. Kalaupun tak menggunakan sofa beledu, Anda bisa memilih sofa dengan material kulit asli sebagai gantinya.

3. Ruang Tamu Minimalis Mewah Shabby Chic Style

Konsep shabby chic dan modern bisa berpadu apik menjadi ruang tamu mewah. (Foto: Overstock.com)

Untuk yang gemar mendandani rumah, mungkin Anda sudah sering menemui istilah shabby chic. Sebenarnya seperti apa sih konsep shabby chicShabby chic merupakan konsep desain interior yang menampilkan gaya usang atau bekas pakai, namun punya kesan antik yang hangat.

Konsep ini punya kesan cozy, feminin, vintage atau jadul yang kuat dalam pemilihan perabot dan dekorasinya. Ciri khas konsep ini adalah warna-warna pastel, perabot vintage, motif bebungaan, serta pemilihan material kain yang biasanya didominasi katun dan linen.

Gaya shabby chic juga bisa diaplikasikan untuk Anda yang menginginkan konsep ruang tamu mewah. Pilih perabot modern yang terbuat dari kayu serta cushion berwarna pastel, letakkan beberapa dekorasi ruangan bergaya vintage (termasuk pada motif tirai), lalu selesai!

Agar tidak “berat” pada sisi shabby chic, pastikan Anda tidak menggunakan dekorasi dinding yang berlebihan. Kesan kekinian yang terlalu kuat juga bisa ditekan dengan hanya memilih set meja dan kursi bergaya modern.

4. Mungil Tetap Mewah

Rumah mungil juga bisa memiliki ruang tamu mewah dengan penataan yang tepat. (Foto: The Lux Pad)

Jangan pusing memikirkan desain ruang tamu mewah hanya karena Anda memiliki rumah mungil. Meski lahannya terbatas, Anda tetap bisa mewujudkan ruang tamu mewah impian. Ada beberapa jurus yang bisa menambahkan kesan mewah pada ruangan, yaitu karpet, tekstur dan material perabot, hingga dekorasi besar yang menyita fokus perhatian. Hal ini bisa dilihat dari inspirasi ruangan yang ditampilkan oleh The Lux Pad. Beberapa elemen mewah dilebur tanpa terkesan tumpang tindih dan membuat ruangan terlihat ramai.

5. Rumah Minimalis Mewah Modern Klasik

Ruang tamu mewah bergaya modern-klasik ini bisa jadi pilihan. (Foto: Coleccion Alexandra UK)

Kalau Anda menyukai kesan klasik tapi tak ingin menunjukkannya secara maksimal, Anda bisa memilih gaya modern-klasik. Anda bisa mengambil inspirasi klasik untuk diterapkan pada bingkai pintu dan lis plafon. Paduan modern pada ruang tamu mewah Anda bisa didapat dari pemilihan sofa dan meja yang tak dengan desain tak rumit atau tanpa detail. Jika ruangannya luas, Anda bisa menambahkan lampu gantung cantik untuk menambah kesan mewah.

6. Ruang Tamu Minimalis Mewah Konsep Baroque

Kesan Baroque juga bisa menjadikan ruang tamu mewah Anda lebih berkesan. (Foto: Furniture Ideas)

Sama halnya dengan material furnitur, pemilihan desain furnitur pun bisa menambah kesan mewah pada ruang tamu Anda secara langsung. Berbeda dengan konsep modern-klasik, Anda bisa memanjakan mata para tamu dengan keindahan detail dari furnitur bergaya Baroque.

Karakteristik furnitur Baroque terletak pada kerumitan desain atau motifnya. Lahir pada awal abad 17, gaya ini sering diadopsi oleh para bangsawan karena melambangkan kemewahan dan kekuasaan. Kemewahan ini bisa dituangkan dalam pemilihan furnitur dengan konsep Baroque yang kuat. Warna dinding dan dekorasinya bisa dipilih yang sederhana untuk mengimbangi kerumitan motifnya.

7. Wall-Art

Ruang tamu mewah berjiwa muda dengan tambahan dekorasi dinding. (Foto: Floor Plan Design)

Jadikan ruang tamu Anda lebih berjiwa muda dengan memasang wall art atau dekorasi dinding dalam ukuran besar. Barang seni kerap dinilai tinggi sehingga peletakkan dekorasi seperti ini akan memberi kesan mewah.

Belum lagi dengan warnanya yang cenderung menyala dan bervariasi, sehingga memberikan kesan muda. Anda bisa menggunakan perabot berwarna netral atau menyesuaikan dengan salah satu unsur warna dekorasi dinding.

8. Ruang Tamu Minimalis Mewah Bergaya Jepang

Minimalis dan berkonsep zen ala Jepang bisa juga dijadikan inspirasi ruang tamu mewah. (Foto: CG Trader)

Tak hanya dari benua Eropa, desain ruang tamu mewah dari Asia juga bisa dijadikan inspirasi. Seperti yang ditunjukkan oleh CG Trader melalui konsep ruang tamu mewah bergaya Jepang ini.

Desain interior khas Jepang umumnya memiliki beberapa faktor, seperti pemilihan warna yang mengarah pada warna natural kecokelatan atau hijau, perabot minimalis yang ditata rendah, material yang didominasi kayu atau bambu, hingga pintu geser atau partisi ruangan khas Jepang.

Anda bisa mengadopsi unsur ini dari pilihan perabot yang sederhana dan cenderung rendah, namun memiliki kualitas tinggi. Padankan juga dengan lantai kayu dan karpet yang lembut.

9. Ruang Tamuu Minimalis Mewah Nuansa Bohemian

Untuk yang menggemari unsur etnik, ruang tamu mewah bergaya bohemian ini sangat sesuai. (Foto: Amara)

Kalau Anda gemar traveling atau menyukai unsur etnik, tunjukkan kegemaran Anda ini pada ruang tamu. Kesan bohemian bisa didapat dari perabot dengan unsur etnik dan berwarna menyala. Anda juga bisa meletakkan lemari pajang untuk suvenir mancanegara untuk memaksimalkan kesan ini. Pastikan juga dekorasi dinding Anda juga memiliki konsep bohemian yang selaras.

15 Warna Cat Rumah Paling Populer di Tahun Ini

10. Ornamen Keramik

Ruang tamu mewah ditambah dengan perapian yang cantik. (Foto: Ballandalbanese.com)

Memilih ruang tamu dengan satu warna adalah pilihan dasar. Namun, setelah itu Anda harus memastikan memiliki ornamen yang menarik dan terkesan mewah.

Tak perlu mahal, keramik putih sebagai dasar sudah bisa menambah kesan mewah. Perapian di rumah, atau sebuah lemari bisa dibuat dengan bahan keramik. Warna putih bisa juga tertonjol dan ruang tamu jadi lebih mewah.

11. Warna Nyentrik

Memberikan kesan mewah dengan warna cerah bisa memperindah ruang tamu Anda, (Foto: goodhousekeeping.com)

Jika Anda tidak mau warna putih secara keseluruhan ruang tamu, pilihan warna-warna menonjol dapat Anda pertimbangkan. Tidak perlu berfokus pada dinding ruangan tamu saja, tapi juga furnitur yang melengkapinya.

Gaya desainer interior Mike Garten membuat Anda dapat menggunakan sofa biru tua dengan bantal-bantal kecil dengan warna biru muda dan kuning cerah. Warna-warna ini dapat menonjolkan mewah yang elegan. Anda tidak perlu ornamen-ornamen mahal, tapi cukup perpaduan sofa berkualitas dan warna yang tepat.

12. Lampu Gantung Mewah

Berikan akses lampu gantung yang minimalis dengan warna emas dan silver untuk memberikan kesan mewah. (Foto: goodhousekeeping.com)

Kate Osborne seorang desainer interior asal Inggris, sangat menyukai perpaduan lampu gantung untuk membuat ruang tamu mewah. Dengan lampu yang unik, tapi tidak norak, serta perpaduan sofa-sofa kualitas tinggi, Anda pasti dapat membuat ruang tamu mewah.

Anda juga dapat menambahkan pot atau vas kaca/keramik untuk mempercantik ruang tamu Anda. Mewujudkan ruang tamu mewah tak berarti Anda harus menghamburkan banyak uang. Dengan ornamen dan perabot yang tepat, ruangan mana pun akan tampak lebih mewah dalam sekejap.

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *