fbpx

EnglishIndonesian

21 Warna Rumah Minimalis untuk Hunian Modern 2022

Konsep rumah minimalis masih menjadi konsep yang paling banyak digemari. Jika Anda tertarik, selain menentukan rancangan eksterior dan tata ruangnya , Anda juga perlu memperhatikan cat warnanya. Konsep kesederhanaan dan tidak “berisik” juga bisa dihadirkan melalui warna rumah minimalis yang tepat.

Satu hal yang perlu Anda ingat. Memilih warna putih atau kelabu tidak apa-apa, meskipun kedua warna tersebut bukanlah warna wajib untuk konsep minimalis. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan warna yang masih selaras dengan konsep minimalis.

Untuk itu, simak terus artikel ini untuk mencari tahu panduan memilih warna cat tampak depan, warna cat tampak depan type 36, hingga warna cat bagian dapur dengan perpaduan warna terang yang tidak monoton. Selanjutnya, artikel ini akan membahas 21 inspirasi pilihan warna cat dalam poin-poin berikut ini:

  1. Warna Cat Rumah pada Ruang Tamu
  2. Warna Cat Rumah pada Ruang Tengah atau Ruang Keluarga
  3. Warna Cat Rumah pada Dapur atau Ruang Makan
  4. Warna Cat Rumah pada Kamar Tidur
  5. Warna Cat Rumah pada Kamar Mandi
  6. Warna Cat Rumah Tampak Depan Type 36
  7. Warna Cat Rumah Abu Terang
  8. Warna Cat Rumah Abu Gelap
  9. Warna Cat Rumah Beige Netral
  10. Warna Cat Rumah Navy Blue
  11. Warna Cat Rumah Blush
  12. Warna Cat Rumah Mint dan Hijau
  13. Warna Cat Rumah Biru Klasik
  14. Warna Cat Rumah Coral
  15. Warna Cat Rumah Rosy Pink
  16. Warna Cat Rumah Tosca
  17. Warna Cat Rumah Mustard
  18. Warna Cat Rumah Biru Pastel
  19. Warna Cat Rumah Salem
  20. Warna Cat Rumah Ungu
  21. Warna Cat Rumah Putih

1. Warna Rumah Minimalis Pada Ruang Tamu

Warna pot dan sofa senada akan menampilkan kesan minimalis. (Foto: Pixabay)

Entah itu ruang tamu kecil atau luas, pastikan Anda memilih warna yang memiliki sifat ringan. Hal ini untuk memberi kesan terang pada ruangan pertama hunian Anda. Warna yang ringan juga memberi efek menyenangkan bagi tamu yang disambut. Kalau ruangan tidak memiliki dekorasi berlebih, Anda bisa bermain pada area sapuan catnya. Tak harus mengecat satu dinding utuh, Anda bisa mengecat sebagian dinding saja.

Ruangan yang terpusat menjadi fokus agar setiap bagian rumah dapat terhubung. Konsep tersebut dapat didukung oleh penggunaan cat yang tepat. Kualitas hidup penghuni juga menjadi tujuan rancangan rumah minimalis untuk hunian modern. Pilihan kota yang tenang untuk ditinggali menjadi pendukung terwujudnya konsep tersebut, simak rekomendasi properti di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Warna Rumah Minimalis Pada Ruang Tengah atau Ruang Keluarga

Rak televisi dapat menyesuaikan warna cat. (Foto: Houzlook/Pexels)

Kalau Anda ingin mengintegrasikan warna pada ruang tengah, Anda bisa mencontoh hunian berikut. Warna netral coklat muda hingga beige digunakan sebagai “benang merah” pada ruang semi-publik.

Anda bisa menempatkan sofa senada di ruang keluarga dan cat coklat muda pada sebagian dinding. Furnitur tempat televisi disesuaikan warnanya dengan warna cat. Cara ini sangat cocok jika beberapa ruangan ini tidak memiliki sekat permanen. Cara ini juga bisa diterapkan pada apartemen

3. Warna Rumah Minimalis Pada Dapur atau Ruang Makan

Dapur dan ruang makan sebaiknya menggunakan warna yang terang. (Foto: Freepik)

Pada dapur minimalis, ada baiknya Anda menggunakan pilihan warna terang. Dapur berfungsi sebagai pusat kegiatan memasak yang membutuhkan ketelitian dan kerapian. Warna terang mampu memberikan efek positif yang bisa mendobrak rasa stres ketika Anda tengah menyiapkan makanan.

Begitu juga dengan ruang makan. Ruangan ini sebaiknya menggunakan warna ceria yang meningkatkan mood di meja makan. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan perpaduan warna kuning dan biru yang menarik.

4. Warna Rumah Minimalis Pada Kamar Tidur

Warna yang hangat pada kamar tidur akan menambah kenyamanan kamar. (Foto: Pixabay)

Warna cat yang bisa digunakan pada kamar tidur sebenarnya beragam dan bisa apa saja. Konsep minimalis tidak terbatas pada warna, melainkan pada konsep kesederhanaannya.

Pastikan saja perabot Anda sudah sesuai dengan konsep minimalis yang sederhana dan biarkan palette warna cat yang mencerahkannya. Anda bisa menggunakan satu warna atau bahkan beberapa warna sekaligus. Agar tidak keluar jalur, pilih kombinasi warna yang sama-sama ringan.

5. Warna Rumah Minimalis Pada Kamar Mandi

Warna hijau pastel pada dinding kamar mandi memberi kesan sejuk. (Foto: Curtis Adams/Pexels)

Air yang mengesankan hawa segar bisa diwujudkan dari warna cat hijau muda. Anda bisa menggunakan warna ini pada seluruh warna dinding, atau hanya pada sebagian dinding. Kalau mau lebih seru lagi, Anda bisa menggunakan warna cat putih, lalu kombinasikan dengan dinding keramik mosaik berwarna abu-abu muda atau putih.

6. Warna Cat Rumah Minimalis Tampak Depan Type 36

Kombinasi warna cokelat muda dan cream menampilkan kesan elegan. (Foto: Ciampeathehomedesignings)

Konsep minimalis pada dasarnya menawarkan kesederhanaan, kelapangan, dan keleluasaan gerak bagi penghuninya. Jika Anda memiliki rumah mungil dengan type 36, misalnya, Anda bisa memanfaatkan warna universal minimalis yang tak pernah salah, misalnya coklat muda dan cream.

Untuk memecah rasa monoton dan basic pada hunian, Anda bisa mengakalinya dengan memadukan warna cat ini dengan warna lain yang ditempatkan pada benda bukan dinding. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna kayu yang kecoklatan pada tiap bingkai pintu dan jendela. Anda juga bisa menggunakan warna pastel yang lebih menarik, seperti abu-abu kecoklatan.

7. Warna Cat Rumah Minimalis Abu Terang

Warna abu terang cocok dipadukan dengan warna kuning. (Foto: Вахтбович Максим/Pexels)

Jika Anda memilih warna keabuan yang lebih terang, Anda bisa mengkombinasikannya dengan ornamen warna kuning. Warna ini akan terlihat hangat dan fresh, apalagi jika Anda memiliki elemen ornamen minimalis pada rancangan eksterior rumah Anda.

8. Warna Cat Rumah Minimalis Abu Gelap

Kamar dengan warna abu gelap menampilkan kesan elegan. (Foto: architectureartdesigns.com)

Kalau Anda lebih suka warna keabuan yang lebih gelap untuk memberi kesan kuat pada hunian, Anda bisa mencontoh kamar berikut. Penggunaan warna cat yang gelap tak selamanya menghadirkan kesan galak dan kelam. Karena ada padanan elemen putih, nuansanya menjadi nyaman dan seimbang.

9. Warna Cat Rumah Minimalis Beige Netral

Warna beige netral terkesan simpel, klasik, dan abadi. (Foto: Вахтбович Максим/Pexels)

Warna beige netral merupakan salah satu warna yang tergolong timeless atau tidak mudah termakan usia. Warna beige juga mengesankan kesan elegan dan hangat. Pada ruangan di atas, ornamen tirai disesuaikan dengan warna cat agar senada.

10. Warna Cat Rumah Navy Blue

Cat sebagian dinding dengan navy blue untuk menyegarkan ruang. (Foto: Huseyn Kamaladdin/Pexels)

Warna navy blue atau biru dongker mungkin tidak terpikirkan oleh Anda untuk diterapkan pada hunian minimalis. Siapa sangka warna biru ini dapat menjadi bagian yang membuat segar tampilan rumah. Cat sebagian dinding dengan warna biru dongker pada ruangan yang saling terhubung untuk menciptakan vocal point.

Tips Rumah.com

Untuk menghindari kesan monoton, gunakan aksen warna kontras dengan perbandingan 1:9.

11. Warna Cat Rumah Blush

Buat cat clush seperti pola untuk tampilan minimalis yang beda. (Foto: Home Designing)

Warna blush merupakan warna lembut yang bisa menjadi pilihan hunian minimalis. Warnanya yang terkesan cantik dan muda dapat membuat ruangan menjadi fresh. Atur cat tembok hingga membentuk pola gradasi agar tidak bosan.

12. Warna Cat Rumah Mint dan Hijau

Perpaduan warna mint dan hijau pada ruang minimalis. (Foto: Dulux.co.uk)

Warna mint dan hijau dapat dipadukan dalam suatu ruangan. Menerapkan konsep half and half contoh di atas menampilkan ruangan dengan paduan dua warna tersebut. Ruangan ini tidak memiliki banyak warna netral penyeimbang tetapi mint dan hijau bisa tetap terlihat selaras.

13. Warna Cat Rumah Biru Klasik

Warna biru klasik dapat diterapkan pada ruang minimalis. (Foto: Houzlook/Pexels)

Sama halnya dengan navy blue, warna biru klasik terang juga cocok diterapkan pada ruangan minimalis. Lengkapi ruangan dengan furnitur berwarna kayu untuk menciptakan kontras.

14. Warna Cat Rumah Coral

Sebagai variasi yang menyegarkan cat sebagian dinding dengan warna coral.(Foto: Home Designing)

Anda dapat menggunakan cat berwarna coral untuk menjadi penunjuk atau pemisah dan penunjuk zona tertentu pada ruangan. Cat sebagian ujung tembok dengan warna coral. Untuk menyatukannya dengan bagian warna netral, Anda dapat menaruh karya seni pada masing-masing sisi.

15. Warna Cat Rumah Rosy Pink

Untuk tampilan beda padukan gradasi warna rosy pink. (Foto: Home Designing)

Mainkan kreativitas Anda dengan memadukan gradasi warna rosy pink. Pada bagian bawah tembok cat menggunakan warna pink yang lebih tua. Selanjutnya, pilih furnitur dengan warna kontras agar ruangan semakin menarik.

16. Warna Cat Rumah Tosca

Warna kamar tosca terkesan hangat dan fresh. (Foto: Interiorima)

Cat tosca dapat diterapkan di kamar tidur. Padukan dengan eksterior berwarna putih di sekeliling ruangan. Hal ini akan menambah kontras sehingga warna perpaduan cat akan terlihat segar.

9 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

17. Warna Cat Rumah Mustard

Cat kuning mustard dengan kesan chic.(Foto: madaboutthehouse.com)

Jika Anda menginginkan gradasi warna kuning yang tidak mencolok, cobalah warna mustard. Warna ini walaupun terang tidak mencolok di mata. Kesan yang ditimbulkan pada ruangan cenderung hangat.

18. Warna Cat Rumah Biru Pastel

Warna biru pastel pada kamar tidur. (Foto: Вахтбович Максим/Pexels)

Pemilihan warna biru pastel pada ruangan kamar tidur memberikan kesan tenang. Warna biru pastel dapat dipadukan juga dengan eksterior berwarna putih untuk menampilkan kontras.

19. Warna Cat Rumah Salem

Warna salem memberi kesan soft pada ruangan. (Foto: Home Designing)

Warna salem termasuk dalam gradasi pink muda memberikan kesan soft pada ruangan. Cat sebagian dinding dengan warna putih. Furnitur yang senada dan kombinasi warna netral dapat meningkatkan tampilan hunian Anda.

20. Warna Cat Rumah Ungu

Warna ungu pastel bagi yang tidak menyukai warna ungu terang. (Foto: Home Designing)

Warna ungu memiliki banyak gradasi. Jika Anda tidak suka dengan warna ungu yang mencolok, pilihlah warna ungu pastel untuk ruangan Anda. Cat satu bagian dinding dengan warna ungu pastel lalu adukan dengan warna netral. Ruangan akan terlihat manis dengan kombinasi tersebut.

21. Warna Cat Rumah Putih

Ruangan cat putih dengan ornamen pop art. (Foto: Home Designing)

Cat yang terakhir adalah warna yang paling dasar, warna putih. Ruangan dengan warna putih membutuhkan perawatan ekstra agar bagian dinding tidak kotor. Mungkin banyak yang mengira penggunaan warna putih akan monoton. Namun, pikirkanlah kembali. Dengan kreativitas penataan Anda dapat membuat ruangan cat putih tidak monoton. Dinding cat putih dapat menjadi media untuk memasang pop art atau instalasi seni lain dan furnitur dengan warna mencolok yang chic.

sumber: https://www.rumah.com/panduan-properti/panduan-warna-cat-rumah-minimalis-seluruh-rumah-15360

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *