fbpx

EnglishIndonesian

12 Hiasan Dinding Ruang Tamu untuk Mempercantik Hunian Anda

Kalau Anda baru saja mulai terpikirkan untuk melakukan hiasan dinding ruang tamu, tak perlu khawatir mengenai cara agar membuatnya tampak harmonis dan menarik. Untuk mewujudkannya, biasanya yang menjadi pertimbangan adalah warna cat untuk dinding, jenis furnitur yang sudah dimiliki dan apa yang dibutuhkan, serta cara menata dan menghiasnya. Namun lebih dari itu, hal terpenting yang tak boleh terlewatkan adalah memahami betul selera dekorasi yang Anda inginkan.

Masalah umum yang biasanya dialami ketika mendekorasi ruang tamu adalah tidak mengetahui cara mengatur furnitur di ruang tamu. Banyak yang hanya sekedar menempatkan sofa dan kursi. Padahal menata furnitur membutuhkan sedikit lebih banyak perencanaan. Misalnya saja pencahayaan merupakan elemen yang agak kompleks di ruangan mana pun.

Meskipun tidak sepenting seperti di dapur, tetapi ruang tamu tak boleh diabaikan. Anda bisa pertimbangkan lampu gantung di atas kepala atau pencahayaan tersembunyi, lampu meja dan lantai, dan sconce dinding.

Selain itu dinding yang masih kosong menandakan ruang tamu Anda belum didekorasi dengan sempurna. Mendekorasi dinding dengan seni itu penting dan tak perlu harga mahal untuk menciptakan tampilan yang memikat. Hal terbaik untuk dilakukan adalah mengikuti naluri soal apa yang Anda sukai, salah satunya adalah menempatkan dekorasi dinding ruang tamu.

Berikut ini sejumlah tips dan rekomendasi tentang memilih dekorasi dinding ruang tamu yang tepat untuk digantung hingga cara mengaturnya.

  1. Hiasan Dinding Binatang
  2. Hiasan Dinding Pemandangan Alam
  3. Hiasan Dinding Geometri
  4. Hiasan Dinding Kaligrafi
  5. Hiasan Dinding Foto Keluarga
  6. Hiasan Dinding Unsur Kain Batik
  7. Hiasan Dinding Kata Motivasi
  8. Hiasan Dinding Hasil Seni Anak
  9. Hiasan Dinding Lukisan Rajut
  10. Hiasan Dinding Rak Dinding Minimalis
  11. Hiasan Dinding Piring Motif
  12. Hiasan Dinding Kaca Hexagonal
  13. Hiasan Dinding Ruang Tamu Sangat Penting

1. Hiasan Dinding Ruang Tamu Gambar Binatang

Gambar binatang sangat pas bagi Anda yang memiliki rumah bercat biru dan hijau. Foto: Pinterest

Anda senang dengan hal-hal berbau alam? Coba tuangkan ke ruang tamu dengan desain hewan. Mungkin yang paling indah adalah kupu-kupu dan burung. Gambar ini sangat pas bagi Anda yang memiliki rumah bercat biru dan hijau.

2. Hiasan Dinding Pemandangan Alam

Nuansa hutan rindang cocok untuk merilekskan suasana ruang tamu Anda. Foto: Pinterest

Gambar dinding pohon dengan dedaunan kecil di setiap ujung rantingnya tentu elok, kan? Jangan lupa tambahkan juga beberapa burung di sekitarnya. Nuansa hutan rindang cocok untuk merilekskan suasana ruang tamu Anda.

3. Hiasan Dinding Geometri

Pola geometris yang teratur dan berwarna membuat ruang tamu yang tadinya sepi jadi terlihat lebih ceria. Foto: Pinterest

Pola geometris beraneka warna akan tetap terlihat estetik dan menarik jika bisa mengaturnya dengan baik. Selain itu, pola geometris yang teratur dan berwarna membuat ruang tamu yang tadinya sepi jadi terlihat lebih ceria.

4. Hiasan Dinding Kaligrafi

Hiasan dinding kaligrafi pada ruang tamu bisa menimbulkan nuansa Islami. Foto: Pinterest

Hiasan rumah bernuansa islami cukup bagus jika dimunculkan untuk menghadirkan nuansa kental di bulan suci. Salah satu ide yang bisa diterapkan adalah dengan menambah hiasan dinding kaligrafi pada ruang tamu.

5. Hiasan Dinding Foto Keluarga

Coba padukan hiasan gambar dinding dengan pemajangan foto di ruang keluarga Anda. Foto:  Pinterest

Ide kreasi lainnya yang dapat Anda coba adalah memadukan hiasan gambar dinding dengan pemajangan foto di ruang keluarga Anda. Gambar dinding bisa dibuat menyerupai bingkai foto. Cukup buat gambar persegi kemudian tempelkan foto di dalam persegi tersebut. Supaya lebih cerah, gunakanlah cat warna-warni.

6. Hiasan Dinding Unsur Kain Batik

Nuansa lokal bisa dihadirkan dengan unsur kain batik sebagai hiasan dinding ruang tamu. Foto: Pinterest

Menonjolkan karya lokal ke rumah Anda? Bisa kok dengan memanfaatkan ruang dinding rumah masing-masing dengan motif batik. Ruang tamu Anda pun menjadi fokus utama sehingga tampil menarik perhatian.

Banyak manfaat yang didapat dengan memasang hiasan dinding di ruang tamu. Bukan hanya sekadar jadi dekorasi rumah, tapi juga bisa bikin rumah terasa lebih nyaman. Sedang cari rumah dengan fasilitas huniannya bikin betah dan nyaman untuk ditinggali? 

7. Hiasan Dinding Kata Motivasi

Tulisan inspiratif di dinding bisa menjadi hiasan yang keren dan menarik. Foto: Amazon.com

Pola tulisan motivasi dan inspiratif di dinding bisa menjadi hiasan yang keren dan menarik. Tulisan tersebut dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Ditambah dengan hiasan laut dan kaca.

8. Hiasan Dinding Hasil Seni Anak

Apresiasi hasil seni anak Anda menjadi hiasan dinding ruang tamu. Foto: Pinterest

Kerajinan tangan kolase mudah dibuat dan bahannya murah. Hanya memanfaatkan pola kertas dan gunting, setelah itu Anda bisa membuatnya sebagai hiasan dinding. Natural dan tetap menawan bukan?

Tips Rumah.com

Baik Anda seorang kolektor seni, penggemar alam, atau pencinta buku, hadirkan hiasan dinding ruang tamu yang dapat disesuaikan guna menghasilkan tampilan ruangan yang menunjukkan citra diri Anda.

9. Hiasan Dinding Lukisan Rajut

Lukisan rajut bisa menjadi salah satu inspirasi hiasan dinding ruang tamu. Foto: Pinterest

Jika Anda penggemar gaya bohemian, Anda bisa menambahkan pola dan tekstur ke ruang Anda dan menghadirkan elemen yang terinspirasi vintage melalui hiasan rajut.

10. Hiasan Dinding Rak Dinding Minimalis

Tambahkan pernak-pernik vintage di rak akan membuat dinding kosong menjadi hidup. Foto: Pinterest

Rak floating pastinya menjadi opsi yang menghidupkan area ruang tamu selain membuatnya makin bergaya. Ditambahkan dengan pernak-pernik vintage di rak akan membuat dinding kosong menjadi hidup.

11. Hiasan Dinding Piring Motif

Tak hanya piring, sendok juga bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang unik. Foto: Pinterest

Siapa bilang piring hanya bisa digunakan untuk makan? Kalau Anda punya koleksi piring antik dengan berbagai motif cantik bisa dimanfaatkan menjadi hiasan dinding yang unik dan menarik. Dengan begitu dinding ruangan menjadi lebih eye catching. Tak hanya piring, sendok juga bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang unik. Anda hanya perlu mengecat bagian-bagian tertentu pada sendok, tunggu hingga kering, lalu susun dan tempelkan sendok pada dinding.

12. Hiasan Dinding Kaca Hexagonal

Kaca hexagonal bisa mempercantik ruang tamu minimalis Anda. Foto: Pinterest

Hiasan kaca hexagonal cocok sekali untuk Anda yang ingin mempercantik ruang tamu minimalis Anda. Bentuk hexagonalnya membawa kedamaian, harmoni dan keromantisan, sekaligus menjadi pilihan terbaik untuk hiasan dinding ruang tamu.

Hiasan Dinding Ruang Tamu Sangat Penting

Memilih sebuah karya seni dinding yang indah dengan cermat juga mencakup warna dan corak yang menurut Anda menarik. Foto: Pinterest

Mencari ide hiasan dinding ruang tamu untuk menyegarkan area di rumah Anda? Kalau Anda siap untuk mengubah dinding kosong sepi itu menjadi hiasan tengah yang bergaya, ada sejumlah trik untuk memperkuat tampilan dinding di ruang tamu Anda dan menonjolkan kepribadian serta selera Anda.

Gunakan Lukisan Ukuran Besar

Lukisan atau foto berukuran besar akan menarik perhatian dan menghidupkan ruang tamu Anda yang kecil. Anda bisa mulai mencoba dari foto hitam-putih di ruang minimalis atau tambahkan warna dengan karya abstrak yang hidup.

  • Ciptakan Galeri Dinding: Tertarik mencoba membuat dinding galeri? Pajang koleksi karya seni atau foto, atau tambahkan hiasan dinding dan ephemera lainnya. Pilih bingkai yang sederhana dan kohesif atau bawalah berbagai variasi hiasan untuk memadukan semuanya! Kalau perlu, perluas dinding galeri ke langit-langit untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.
  • Gunakan Rak: Jika Anda kehabisan ruang lantai untuk rak buku, bawa koleksinya ke dinding. Pasang rak apung dan pajang hard cover, patung kecil, dan barang aneh lainnya.
  • Gantung Cermin: Cermin memantulkan cahaya, membantu ruang kecil terasa lebih besar dan cerah. Coba gantung cermin besar, atau pajang beberapa potongan kecil ala salon.
  • Pajangan Piring: Mengapa harus menyembunyikan piring porselen yang kalau Anda bisa memamerkannya?
  • Hiasan Tanaman: Cobalah gantung tanaman atau yang bisa dipasang di dinding untuk memberikan nuansa alam.

Dinding yang kosong di ruang tamu terasa hampa bukan? Untuk itu, dengan dekorasi dinding ruang tamu yang tepat, maka area tersebut dapat diubah dari yang semula polos dan membosankan menjadi unik dan personal. Setelah menemukan karya seni yang benar-benar Anda sukai, selanjutnya ciptakan nuansa atau tema untuk ruang tamu.

Di bawah ini ada setidaknya empat alasan utama mengapa mendekorasi dinding ruang tamu Anda menjadi penting:

Memberikan Titik Focal Ruang Tamu

Setiap ruangan membutuhkan titik fokus. Menggantung karya seni yang menginspirasi adalah cara sempurna untuk melakukannya. Di ruang tamu, dekorasi dinding ruang tamu sangat cocok digantung di atas sofa.

Inspirasi Palet Warna

Memilih sebuah karya seni dinding yang indah dengan cermat juga mencakup warna dan corak yang menurut Anda menarik. Setelah itu, pilih warna utama kemudian gunakan dua atau tiga sebagai warna aksen untuk ruang tamu. Tak ada salahnya Anda berbelanja barang-barang dari koleksi yang sama oleh satu seniman tertentu dengan menambahkan variasi untuk menambah warna.

Tekstur dan Kedalaman Ruangan

Menghias dinding tak sekedar mengisi dinding kosong yang menjemukan tetapi juga menambah tekstur dan kedalaman ruang tamu. Anda bisa memilih hiasan dinding dengan kertas emas atau warna aksen cerah agar benar-benar menonjol. Sementara untuk hal yang lebih menenangkan dan memancing pemikiran, cari karya abstrak dengan warna biru yang indah.

Pelengkap Dekorasi Ruangan Anda

Di samping perabotan lembut, karya seni menjadi dekorasi yang akan membuat ruangan Anda terasa lengkap, dipoles, dan bergaya. Ruangan tamu disulap seperti ruangan dengan konsep yang dipikirkan matang dan ditata dengan baik. Bahkan kepuasan tampilan yang lengkap membuat Anda lebih menghargai karya seni tersebut dibandingkan dengan saat mulai mendekorasinya.

15 Desain Rumah Idaman, Lengkap dengan Denahnya

1. Gambar Dinding

Kalau Anda merasa desain ruang tamu sudah usang atau ketinggalan zaman, ada sejumlah teknik dasar untuk menggambar di dinding. Melukis kreatif di dinding membuat ruang tamu Anda menjadi lebih segar dengan menonjolkan selera Anda.

Untuk memberikan dampak lebih dramatis, biarkan dinding Anda membawa nuansa ke tempat lain dengan menambahkan mural. Mengecat motifnya dengan tangan akan memberi pengaruh besar. Namun kalau Anda mau dengan lebih mudah bisa membeli stiker dinding berbagai macam motif yang praktis dan langsung ditempel.

2. Pajangan Dinding

Dinding yang kosong memang bisa jadi sulit untuk diatasi. Selain menuangkan kreativitas Anda dengan menggambar di dinding, mengapa tak mencoba untuk membeli karya seni dan memajangnya? Bahkan kalau Anda sudah memiliki koleksi, tak perlu membeli tapi cukup mengeluarkannya dari ruang penyimpanan. Menonjolkan koleksi karya seni Anda bisa dilakukan untuk mempercantik ruang-ruang kosong ini.

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *